OpulentDelicacy.com

Kamis, 07 April 2011

Cara Mudah Menghafal al-Qur’an


Saya akan memberikan beberapa tips untuk menghafal Al-Qur'an, dan di antaranya adalah sebagai berikut:


  1. Dengan membaca,
  2. Dengan cara menulis, atau
  3. Dengan cara mendegnar bacaan para qurra’.
 Hal yang tersulit adalah menentukan kualitas dan kuantitas ayat yang kita hafal setiap hari. Siapa saja yang ingin menghafal al-Qur’an harus berhati ikhlas dan penuh kesabaran. Selain itu, dia harus optimis bahwa dia pasti bisa menghafal seluruh ayat dalam al-Qur’an ini. Allah berfirman dalam surah al-Qamar(54): 17 , sebagai berikut:

“Dan Sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, Maka Adakah orang yang mengambil pelajaran?”

Rasulullah bersabda,
لا حَسَدَ إِلا فِيْ اثنَتَيْنِ رَجُلٌ آتَاهُ اللهُ قُرْآناً فَهُوَ يَقُوْمُ بِهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ، وَرَجُلٌ آتَاهُ اللهُ مَالا فَهُوَ يُنْفِقُهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ
“iri hati itu tidak benar kecuali pada dua hal berikut: (pertama) pada orang yang diberi al-Qur’an oleh Allah kemudian dia membacanya spanjang siang dan malam; (kedua) pada orang yang diberi harta oleh Allah kemudian dia menginfakkannya siang dan malam.”



Tiga Cara Menghafal al-Qur’an: Membaca-Menulis-Mendengar

Cara sebagaimana tercantum dalam tabel yang telah saya posting tergantung pada kesempatan dan kecakapan masing-masing penghafal. Hal itu bisa dilakukan dengan beberapa hal berikut.
Pertama, menghafal sesuai kemampuan setiap hari, kemudian mengulanginya pada hari yang sama.
Kedua, menghafal sedikit, dan mengulanginya sedikit, serta menentukan waktu masing-masing.
Ketiga, membaca ayat yang akan dihafal dengan tajwid dan secara tartil di depan guru. Hal ini akan mempermudah seorang penghafal mendapatkan hafalan yang benar.
Keempat, menelaah tafsir ayat yang akan dihafal. Hal ini akan memperkuat hafalan seseorang karena mengetahui makna ayat yang dihafalnya.
Kesulitan dalam menghafal dan mengulang insya Allah hanya akan kita rasakan pada bulan petama. Setelah itu, kita akan merasa terbiasa dan dengan mudah bisa menghafal sesuai dengan keinginan kita, dan tentunya dengan izin Allah SWT. .

Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More