OpulentDelicacy.com

Minggu, 27 Maret 2011

Objek Wisata di Pandeglang


Mungkin nama Pandeglang agak sedikit asing di telinga berbeda jika disebutkan Taman Nasional Ujung Kulon tentunya kita langsung mengenalinya. Ya, anda benar Ujung Kulon terletak di Kabupaten Pandeglang.
Kabupaten Pandeglang terletak di paling barat dari Pulau Jawa yaitu masih termasuk dalam provinsi Banten.
Secara geografis kabupaten Pandeglang terletak di 105.48 BT – 106.11 BT dan 6.21 LS – 7.10 LS.
Masih bingung? mari kita lihat
petanya.



Selain Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang ternyata menyimpan seabreg potensi wisata. Sebut saja pantai carita, pantai tanjung lesung, tempat pemandian cikoromoy, pantai ciputih, dan masih banyak lagi yang lainnya. Mari kita kenali bersama-sama objek wisata tersebut.
Taman Nasional Ujung Kulon
Tempat wisata yang paling populer di kabupaten pandeglang. Taman Nasional Ujung Kulon merupakan perwakilan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah. Merupakan habitat dan tempat perlindungan sejumlah satwa langka yang terancam kepunahannya salah satunya adalah Badak Jawa (Rhinoceros Sondaicus). Terdapat tiga tipe ekosistem di taman nasional ini yaitu ekosistem perairan laut, ekosistem rawa, dan ekosistem daratan. Tahun 1992 Taman Nasional Ujung Kulon ditetapkan sebagai The Natural World Heritage Site oleh Komisi Warisan Alam Dunia UNESCO dengan Surat Keputusan No. SC/Eco/5867.2.409 tahun 1992 tanggal 1 Pebruari 1992. Beberapa tempat rekreasi yang bisa dijumpai disini adalahTamanjaya dan Cibiuk, Pantai Kalejetan, Karang Ranjang, Cibandawoh, Pulau Peucang, Karang Copong, Citerjun, Cidaon, Ciujungkulon, Cibunar, Tanjung Layar, dan Ciramea, Pulau Handeuleum, Cigenter, Cihandeuleum, Pulau Panaitan, dan Gunung Raksa.
Pantai Carita
Jenis pantai berpasir putih agak kecoklatan terletak di jalan Labuan Cilegon. Selain itu anda bisa menikmati latar belakang berupa pegunungan berhutan. Di pantai Carita terdapat dua dermaga mini yang berfungsi sebagai pelabuhan kapal pesiar yang dipakai untuk mengunjungi kawasan Tanjung Lesung, Kawasan Sumur, Pantai Ciputih, dan Taman Nasional Ujung Kulon. Adapun di bagian perbukitan timur terdapat Hutan Wisata yang didalamnya ada air terjun yang masih alami yaitu Curug Gendang.
Curug Gendang
Terletak di areal wisata Perhutani tidak jauh dari Pantai Carita Karangsari. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 15 m. Sekitar air terjun bisa dipakai untuk mandi dan berenang serta areal disekitarnya bisa digunakan untuk kemping.
Kawasan Pantai Bama
Kawasan yang sedang dipersiapkan untuk wisata bawah laut dimana terdapat banyak taman laut di sekitar pulau Popole dan Liwungan yang menyediakan pesona flora dan fauna yang indah.
Kawasan Wisata Tanjung Lesung
Kawasan wisata bahari dengan fasilitas penunjang yang lengkap seperti hotel dan atraksi olah raga pantai. Pantai Tanjung Lesung memberikan pesona pasir putih dan hijau alam.
Pantai Ciputih
Pantai berpasir putih sejenis dengan Pantai Legon, Pantai Sumur, Pantai Muara Baru Tanjungan, Pantai Dadap Langun, dan Pantai Keusik Panjang. Terdapat pulau-pulau kecil yang memiliki keindahan dasar laut seperti Pulau Umang, Pulau Oar, Pulau Mangir, dan Pulau Badur.
Pemandian Cikoromoy
Menikmati pemandian air alam Cikoromoy di kecamatan Cimanuk yang sejuk dan segar. Latar belakang berupa gunung karang yang terlihat indah.
Pemandian Air Panas Belerang Cisolong
Pemandian alam air panas dengan sumber mata air belerang dari Gunung Karang, yang terdapat di Kecamatan Kaduhejo sekitar 10 km dari Kota Pandeglang.
Wisata Gunung Karang
Gunung Karang terletak di sebelah barat Pusat Kota Pandeglang yang memiliki keindahan alam pegunungan dan memiliki sumber air belerang.
Pemandian Alam Citaman
Merupakan tempat pemandian alami di Kaki Gunung Pulosari. Pemandangan disekelilingnya sangat indah. Terletak di Kecamatan Jiput.
Rute Perjalanan Pandeglang
Berikut ini beberapa alternatif jalur yang bisa digunakan untuk mencapai objek wisata Ujung Kulon.
Jakarta – Serang (1 1/2 jam via jalan Tol), Serang – Pandeglang – Labuan (1 1/2 jam) atau
Jakarta – Cilegon (2 jam via jalan Tol), Cilegon – Labuan (1 jam) atau
Bogor – Rangkasbitung – Pandeglang – Labuan (4 jam).
Labuan – Sumur (2 jam), Sumur – Pulau Peucang (1 jam dengan kapal motor nelayan) atau
Labuan – Pulau Peucang (4 jam dengan kapal motor nelayan).
Makanan Khas dan Kerajinan
Selain tempat wisata ada baiknya kita mengenal makanan khas Kabupaten Pandeglang untuk dijadikan oleh-oleh. Adapun yang khas dari kabupaten Pandeglang adalah emping melinjo. Sentra industri emping melinjo bisa kita temui di Kecamatan Menes, Labuan, Jiput, dan Pagelaran.
Setelah kita mengenalkan objek wisata di atas tidak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa objek wisata di Kabupaten Pandeglang.

Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More